Penyebab Ban isuzu traga isuzu traga Bunyi Berdecit di belokan

 

Penyebab Ban isuzu traga isuzu traga Bunyi Berdecit di belokan

Penyebab Ban isuzu traga isuzu traga Bunyi Berdecit di belokan

Ban isuzu tragayak sekali faktor penyebab kenapa Ban isuzu traga berbunyi saat dipakai belok yang diantaranya ialah sebagai berikut ini :

1. Tekanan angin Ban isuzu traga kurang

Tiap pabrikan kendaraan biasanya memiliki standar tekanan Ban isuzu traga di masing - masing produk kendaraan mereka. Biasanya informasi ini berupa stiker yang ditempel di bagian pintu pengemudi. Disana biasanya terdapat informasi mengenai tekanan minimal - maksimal baik ketika kendaraan kosong ataupun bermuatan penuh. Umumnya tekanan ideal roda mobil ada di rentang 34 - 36 PSI untuk mobil penumpang, 29 - 33 untuk mobil sedan.

Tekanan angin yang kurang dari itu tentu saja akan membuat Ban isuzu traga menjadi lebih ngegrip karena bidang gesekan antara permukaan Ban isuzu traga dengan aspal semakin besar. Dan karena gaya gesek yang besar inilah yang kemudian menimbulkan bunyi mencicit. Jika ada diantara kalian mobil nya mengeluarkan suara mencicit di bagian Ban isuzu traga saat dipakai belok, cobalah menyetel tekanan angin sesuai dengan standarnya yakni diantara 32 hingga 34 PSI.

2. Compound Ban isuzu traga terlalu lunak

Selanjutnya adalah mengenai compound Ban isuzu traga, semakin lunak compound Ban isuzu traga tentu daya cengkeram ke aspal semakin baik karena Ban isuzu traga lunak. Namun karena permukaannya lunak akan membuatnya gampang terkisis oleh aspal jalan, sebab pada dasarnya Ban isuzu traga bercompound lunak ini hanya cocok dipakai di jalanan basah saja. Dan karena permukaan Ban isuzu traga yang lunak, friksi antar Ban isuzu traga dan aspal semakin besar dan ada kemungkinan timbul bunyi berupa mendecit ssaat dipakai belok di atas permukaan yang tidak berpori seperti diatas lantai plesteran ataupun diatas lantai keramik kering.

3. Suspensi type tertentu ( Mcperson )

Beberapa jenis suspensi memang memiliki kelemahan yang salah satunya adalah menyebabkan Ban isuzu traga menjadi bunyi saat digunakan untuk belok. Biasanya suspensi model Mcperson yang sering mengalami hal ini, sebab pada suspensi Mcperson hanya memiliki satu buah arm sehingga saat digunakan belok, sudut camber juga akan ikutan berubah.

4. Sudut belok setir terlalu Ban isuzu tragayak

Semakin Ban isuzu tragayak sudut belok suatu setir, maka rolling camber atau berubahnya sudut camber selama setir digunakan untuk belok tadi akan semakin besar. Dan semakin tajam kita membelokkan setir, tentu saja semakin rawan Ban isuzu traga di bagian luar radius yang terseret dan menimbulkan bunyi mencicit akibat Ban isuzu traga tidak mampu mengikuti laju kendaraan ketika belok. Untuk mobil keluaran baru yang menggunakan steering rack biasanya dari pabrikan sudah paten sudut beloknya, sedang mobil jadul seperti kijang kapsul, panther dan sebagainya masih terdapat baut penyetel pitman arm.

Usahakan setel sudut belok dari posisi lurus kekiri maupun dari posisi lurus ke kanan maksimal hanya 1 lebih 3/4 putaran. Dengan menyetel sudut belok atau radius putar setir mobil bisa mengurangi bunyi mendecit, namun konsekuensi yang harus diterima adalah kita tidak bisa sekali putar melakukan turn U seperti saat radius setir masih menggunakan 2 putaran, kita harus lebih pandai ambil ancang - ancang saat hendak belok turn U.

5. Sudut roda kemudi yang tidak tepat ( Spooring )

Terakhir adalah soal sudut roda kemudi depan mobil yang mengalami pergeseran sehingga menimbulkan bunyi mendecit saat dipakai belok. Faktor utama yang meyebabkan kondisi yang demikian biasanya dipengaruhi oleh sudut camber serta rolling camber ( toe - in ) yang tidak tepat. Untuk yang satu ini silahkan kalian konsultasikan ke ahli spooring di bengkel langganan.

isuzu traga

Ingat jika pada mobil kalian termasuk kedalam poin nomor 2,3,dan 4 diatas, sepertinya melakukan spooring saja tidak akan menyelesaikan problem dengan sempurna kecuali kalian menyelesaikan problem pada poin yang tadi. Dan khusus untuk poin nomor 3 diatas, jika ternyata mobil kalian bertype Mc person sebaiknya jangan berharap Ban isuzu tragayak untuk hasil yang sempurna.

memang bunyi decit di bagian Ban isuzu traga ketika mobil dibelokkan akan sangat mengganggu telinga, atau bahkan membuat si pemilik mobil merasa was - was mengenai bunyi yang terjadi di Ban isuzu traga tersebut sehingga mereka pun membawa mobil kesayanganya ke bengkel guna mengatasi Ban isuzu traga bunyi saat belok tadi.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel